Cara mudah menghitung Uji Validitas Manual
Analisis Korelasi
Disusun untuk Memenuhi Tugas Metode
Penelitian Kuantitatif
DISUSUN
OLEH :
1. Nurhayati : (14510016)
PROGRAM STUDI ILMU SOSIATRI
SEKOLAH TINGGI
PEMBANGUNAN MASYARAKAT DESA “APMD”
YOGYAKARTA
TAHUN AKADEMIK 2014/2015
Hubungan
Kualitas SDM anggota DPR RI dengan Kinerja Anggota DPR RI
X = Kualitas SDM
anggota DPR RI
Y = Kinerja anggota DPR RI
Hipotesis :
H
= Ada hubungan antara Kualitas SDM anggota DPR RI dengan Kinerja anggota DPR RI
·
Semakin baik kualitas SDM anggota DPR RI
maka semakin baik kinerja anggota DPR RI
· Semakin
buruk kualitas SDM anggota DPR RI maka semakin buruk kinerja anggota DPR RI
Kuesioner
:
1.
Kualitas SDM Anggota DPR RI
2. Kinerja Anggota DPR RI
Untuk mengukur variabel
peratama yaitu Kualitas SDM anggota DPR
RI, kita jaring
dengan
memberikan 10 butir petanyaan berikut.
Apakah Anda setuju bahwa rata-rata anggota DPR
RI harus :
1. Memiliki
tingkat pendidikan formal yang memadai
2. Pengalaman
berorganisasi
3. Kemampuan
berkomunikasi dengan grass root
4. Representasi
dari konstituennya
5. Populer
karena sering tampil di media massa
6. Aktif dalam
semua kegiatan DPR
7. Peka terhadap
persoalan rakyat
8. Responsif
terhadap tuntutan dan pengaduan rakyat
9. Kritis
terhadap kinerja pemerintah
10. Memiliki sikap
relijius
Untuk mengukur variabel
kedua yaitu Kinerja Anggota DPR RI, kita jaring dengan memberikan 10 butir
pertanyaan.
Apakah Anda setuju
tentang kinerja anggota DPR RI :
1. Telah berhasil
mencapai fungsi legislasi
2. Telah melaksanakan
fungsi pengawasan dengan baik
3. Telah berhasil melaksanakan fungsi anggaran
4. Selalu datang tepat waktu pada persidangan
5. Sudah bisa menjawab ekspetasi masyarakat
6. Terfokus kepada penyelesaian RUU
7. Menyelesaikan APBN bersama pemerintah tepat waktu
8. Menjalankan Fungsi Anggaran yang bersifat
otoritatif
9. Telah menjalankan
pengawasan berupa merespon pengaduan masyarakat
10. Kinerja DPR RI
sudah baik, efektif dan produktif
Skala Likert, terdiri
dari 5 tingkatan jawaban beskala ORDINAL
1 = Sangat Tidak Setuju (STS)
2 = Tidak Setuju (TS)
3 = Ragu-ragu
4 = Setuju (S)
5 = Sangat Setuju
No
|
Statement
/butir-butir pertanyaan
|
Sikap
Anda
terhadap
Statement
Kesetujuaan Anda ?
|
||||
1
|
Memiliki
tingkat pendidikan formal yang memadai
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
2
|
Memiliki
Pengalaman berorganisasi
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
3
|
Kemampuan
berkomunikasi dengan grass root
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
4
|
Representasi
dari konstituennya
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
5
|
Populer
karena sering tampil di media massa
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
Aktif
dalam semua kegiatan DPR
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
7
|
Peka terhadap
persoalan rakyat
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
8
|
Responsif
terhadap tuntutan dan pengaduan rakyat
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
9
|
Kritis
terhadap kinerja pemerintah
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
10
|
Memiliki
sikap relijius
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
11
|
Telah
berhasil mencapai fungsi legislasi
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
12
|
Telah
melaksanakan fungsi pengawasan dengan benar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
13
|
Telah
berhasil melaksanakan fungsi anggaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
14
|
Selalu
datang tepat waktu pada persidangan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
15
|
Sudah
bisa menjawab ekspetasi masyarakat
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
16
|
Terfokus
kepada penyelesaian RUU
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
17
|
Menyelesaikan APBN bersama
pemerintah tepat waktu
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
18
|
Menjalankan
Fungsi Anggaran yang bersifat otoritatif
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
19
|
Telah
menjalankan pengawasan berupa merespon pengaduan masyarakat
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
20
|
Kinerja
DPR RI sudah baik, efektif dan produktif
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Mengujicobakan instrumen diatas kepada calon responden,
adapun
jumlah data yang
diperlukan adalah 20 buah
instrument (item) dan15 responden,diperoleh sebagai berikut.
Jawaban atas butir-butir
pertanyaan yaitu Kualitas Anggota SDM DPR
RI dan Kinerja anggota DPR RI
Responden
|
Jawaban atas
pertanyaan butir_ke
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
||||||||||||||||||||
1
|
4
|
3
|
4
|
3
|
2
|
3
|
4
|
1
|
4
|
4
|
3
|
1
|
4
|
4
|
2
|
3
|
4
|
3
|
4
|
4
|
|||||||||||||||||||
2
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
3
|
4
|
4
|
|||||||||||||||||||
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2
|
3
|
2
|
3
|
2
|
3
|
2
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
|||||||||||||||||||
4
|
3
|
3
|
2
|
3
|
3
|
3
|
4
|
1
|
3
|
3
|
3
|
1
|
2
|
3
|
3
|
3
|
4
|
3
|
3
|
3
|
|||||||||||||||||||
5
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
|||||||||||||||||||
6
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
2
|
3
|
1
|
4
|
3
|
4
|
1
|
4
|
3
|
4
|
2
|
3
|
3
|
4
|
4
|
|||||||||||||||||||
7
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
3
|
1
|
4
|
3
|
4
|
1
|
4
|
3
|
4
|
3
|
3
|
4
|
4
|
4
|
|||||||||||||||||||
8
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
1
|
4
|
4
|
4
|
1
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
|||||||||||||||||||
9
|
3
|
3
|
4
|
3
|
4
|
2
|
2
|
2
|
3
|
2
|
3
|
2
|
4
|
2
|
4
|
2
|
2
|
3
|
3
|
3
|
|||||||||||||||||||
10
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
3
|
2
|
4
|
4
|
4
|
2
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
3
|
4
|
4
|
|||||||||||||||||||
11
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
|||||||||||||||||||
12
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
|||||||||||||||||||
13
|
4
|
3
|
4
|
3
|
3
|
3
|
4
|
3
|
4
|
3
|
3
|
3
|
4
|
3
|
3
|
3
|
4
|
3
|
4
|
4
|
|||||||||||||||||||
14
|
4
|
4
|
3
|
4
|
3
|
4
|
3
|
3
|
4
|
3
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
4
|
4
|
|||||||||||||||||||
15
|
4
|
4
|
4
|
4
|
2
|
2
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
3
|
2
|
2
|
4
|
4
|
4
|
4
|
|||||||||||||||||||
Responden
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
Skor
Total
|
64
|
76
|
56
|
56
|
80
|
64
|
68
|
74
|
56
|
72
|
78
|
76
|
68
|
69
|
74
|
Uji
Validitas
Untuk
item no 1
Res
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
X
|
4
|
4
|
3
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
Y
|
64
|
76
|
56
|
56
|
80
|
64
|
68
|
74
|
56
|
72
|
78
|
76
|
68
|
69
|
70
|
X2
|
16
|
16
|
9
|
9
|
16
|
16
|
16
|
16
|
9
|
16
|
16
|
16
|
16
|
16
|
16
|
Y2
|
4096
|
5776
|
3136
|
3136
|
6400
|
4096
|
4624
|
5476
|
3136
|
5184
|
6084
|
5776
|
4624
|
4761
|
4900
|
XY
|
256
|
304
|
168
|
168
|
320
|
256
|
272
|
296
|
168
|
288
|
312
|
304
|
272
|
276
|
280
|
Total
(∑)
|
X
|
Y
|
X2
|
Y2
|
XY
|
57
|
1027
|
219
|
71.205
|
3940
|
Dihitung dengan
menggunakan Korelasi Pearson
N = Jumlah responden
(∑) = Total
Nahh guys kalo udah paham silahkan disubtitusikan ya ke dalam rumus diatas
N = Jumlah responden
(∑) = Total
Nahh guys kalo udah paham silahkan disubtitusikan ya ke dalam rumus diatas
Lakukan hal yang sama pada setiap Item !!
makasih share materinya..
ReplyDeleteklo boleh tau 15(3940), 15 nya dari mana yah..???
sama-sama acep maulana, untuk angka 15 didapat dari jumlah responden
Deletemaksih mbak .mau nanyak dong . untuk item no 1. untuk Y x2 y2 XY itu dapat nya dari mana ya mbak terima kasih
ReplyDeleteMasing-Masing nilai total x2,Y2 dan Xy hasilnya akan didapat dengan menjumlahkan total angka kesamping kolom yg ada.🙏
DeleteKak brarti untuk mencari nilai ∑x hanya perlu total jawaban butir pertanyaan 1 dari 15 responden (57).
ReplyDeleteApakah tidak perlu total jawaban butir pertanyaaan 2-20 ???